Planet Venus Dewi Kecantikan?

          Planet Venus adalah salah satu planet dalam jajaran planet di tata surya kita. Jarak planet Venus dari matahari adalah yang kedua paling dekat setelah planet Merkurius dengan radius 6.052 km dan diameter 108,2 juta km.  Planet ini berevolusi dalam kurun waktu 224,7 hari dan berotasi selama 249,0 hari. Itu berarti waktu satu hari di venus lebih lama dari pada lama satu tahunnya. Ukuran planet ini sangat kecil, labih kecil dari bumi namun hampir menyerupainya. Jarak planet ini ke Bumi pun adalah yang paling dekat bila dibandingkan dengan planet-planet lain, sehingga planet Venus dapat diamati dengan mata telanjang di langit bumi. Biasanya planet Venus akan terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit sehingga disebut bintang timur atau bintang pagi, dan kadang terlihat di arah barat menjelang matahari terbenam sehingga dinamakan bintang senja. Selain itu planet Venus juga disebut bintang kejora karena saat terlihat dari bumi planet Venus adalah benda paling terang di antara benda-benda khususnya bintang-bintang lain yang tampak dari permukaan bumi.

Ada beberapa hal yang menarik dari planet yang disebut-sebut kembaran bumi ini. Kembar? Nanti akan saya jelaskan.

Mitologi Venus

      Venus adalah dewi kecantikan. Kenapa demikian? Hal ini sebenarnya berhubungan dengan mitologi planet Venus. Dalam mitologinya dijelaskan bahwa Venus adalah salah satu yang terkenal dalam sejarah mitologi Romawi. Dewi ini diasosiasikan dengan cinta dan kecantikan, identik dengan Aphrodite dan Etruscan deity Turan dari mitologi Yunani. Image Venus merupakan gabungan di antara keduanya. Selain itu terdapat dewi sejenis Tlahuizcalpantecuhtli di peradaban Aztec, atau Kukulcan di peradaban Maya. Nama Venus mempunyai kemiripan dengan bahasa Sanskerta vanas yang berarti (kecintaan, gairah). Hal ini menimbulkan dugaan bahwa konsep Venus berasal dari pengaruh Proto-Indo-Eropa. Selain karena mitologi itu, julukan dewi kecantikan bagi planet Venus disematkan karena planet Venus bila diamati sangat mulus dan cantik (entah bagaimana permukaan aslinya) sehingga diandaikan sebagai seorang dewi yang cantik.

Arah Rotasi

           Hal yang menarik dari planet ini adalah arah rotasinya yang searah jarum jam, berbeda dengan planet-planet lain yang arah rotasinya berlawanan arah jarum jam, sehingga terbitnya semua bintang di Venus dari arah barat dan tenggelam di timur. Hal ini tentunya adalah sebuah anomali yang terjadi di tata surya mengingat bahwa semua planet kecuali venus dan Uranus bergerak mengelilingi porosnya dengan arah berlawanan arah jarum jam. Banyak sekali teori yang menjelaskan tentang sebab musabab terjadinya fenomena ini, salah satunya adalah sebuah teori yang menjelaskan bahwa terjadinya arah gerak anomali ini karena sebuah tabrakan/tumbukan dahsyat planet-planet ini dengan salah satu atau banyak benda langit pada proses awal pembentukannya, sehingga jadilah arah gerak rotasi yang berbeda dari arah rotasi planet-planet yang lainnya.

Atmosfer

        Bila dilihat dari dekat planet Venus berwarna merah, orange atau cokelat. Apa yang menyebabkannya? Tentu saja sama halnya dengan bumi yang berwarna biru bila dilihat dari luar angkasa sana, planet Venus terlihat kecoklatan atau merah karena pengaruh atmosfernya. Kenapa dengan atmosfernya? Nah, kalau atmosfer planet bumi mengandung nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon(0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya yang menyebabkan planet bumi berwarna biru, maka lain halnya dengan atmosfer planet Venus. Atmosfer planet Venus berwarna merah karena tingginya tingkat aktivitas vulkanisme yang menghasilkan belerang di permukaan planet tersebut. Selain itu atmosfer planet Venus tinggi akan karbondioksida dan nitrogen yang menyebabkan suhu di planet Venus adalah suhu yang terekstrim diantara suhu-suhu planet lain yaitu mencapai 4800C. Konon katanya dimungkinkan di planet venus pernah terjadi suatu kehidupan entah seperti apa itu, namun karena tingkat pemanasan global yang sangat tinggi dan cepat maka di Venus terjadi bencana yag merusak sistem kehidupan. Inilah kenapa saya tadi di atas sempat berkata bahwa planet venus kembaran bumi. Selain ukuran planet yang hampir sama dan jarak planet Venus dengan Bumi yang dekat, keadaan Venus yang mengalami pemanasan global juga sedang dihadapi oleh planet bumi. Meski pemanasan global di bumi belum separah pemanasan global di planet Venus, namun kita sebagai makhluk bumi sebaiknya mengantisipasi hal tersebut. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti planet bumi senasib dengan Venus. Tentunya kita tidak menginginkannya bukan? Maka dari itu mulailah dari diri sendiri, berusaha untuk menjaga lingkungan, berperan aktif dalam usaha peminimalisiran penggunaan CFC, pembakaran hutan, pembuangan sampah sembarangan, dan faktor-faktor lain baik besar maupun kecil yang dapat memperparah efek pemanasan global di bumi. Kalian setuju bukan?🙂

Mau lebih detil tau tentang planet Venus dan karakteristiknya? Klik di sini saja kawan-kawan🙂

By: OktianaDA

By oktean Posted in Sains

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s